Article

  • Follow Us

Sayangilah Air, Sayangilah Hidup Kita

Date: July 8, 2011 Author: admin Categories: Article

Tahukah kamu bahwa tanpa air tidak akan ada kehidupan?
Air adalah zat yang paling hebat.
Manusia, binatang dan tumbuhan sangat membutuhkan air untuk hidup.
Manusia membutuhkan air untuk menggantikan air yang hilang dari tubuh kita ketika bernapas, berkeringat dan buang air.

Selain itu manusia memerlukan air untuk memenuhi kebutuha sehari-hari. Misalnya : minum, mandi, menggosok gigi, memasak, mencuci baju, dll.

– Petani memerlukan air untuk irigasi.

– PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) memerlukan kekuatan air untuk menggerakkan turbin. Turbin membuat generator bekerja dan menghasilkan listrik.

– Banyak olah raga yang dilakukan dengan bantuan air. Misalnya : berenang, selancar, arung jeram, dll.

Tumbuhan memerlukan air untuk berfotosintesis / membuat makanannya sendiri. Akar menyerap air dari dalam tanah kemudian membuat makanan di daun dan diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan.

Binatang memerlukan air untuk mengganti air yang hilang dalam tubuhnya. Bahkan banyak binatang yang hidup di air.

Coba bayangkan seandainya satu hari saja dibumi ini tidak ada air! Manusia akan kehausan, badan kita akan terasa lemas karena kekurangan cairan. Tumbuhan akan layu, kering dan mati. Binatang akan lemas. Tanah menjadi kering karena tidak ada embun dipagi hari. Bila hal itu terjadi terus menerus, semua mahluk hidup akan mati. Kehidupan di bumi ini akan berhenti. Air sangat penting bagi kehidupan kita.

Semua mahluk hidup yang memerlukan air, namun demikian air tidak akan habis. Air akan terus ada melalui proses pendauran air yang disebut siklus air. Bagaimana proses pendauran air / sisklus air ?

Pics01-K01Post08Jul2011

Mula-mula air terkena sinar matahari, menguap. Uap air berkumpul menjadi awan. Awan bertambah banyak dan mendingin, dan berubah menjadi butiran-butiran air yang jatuh ke bumi sebagai hujan. Air hujan masuk ke dalam tanah, mengalir ke sungai, ke laut. Terkena sinar matahari dan menguap menjadi uap air. Uap air berkumpul dan bertambah banyak menjadi awan dan seterusnya. Sehingga air akan terus ada, melalui siklus air. Namun demikian kita harus tetap menjaga dan menghemat air terutama air bersih.

Pada peringatan Hari Air Sedunia 2011 tanggal 22 Maret 2011 bertemakan “Air Perkotaan Dan Tantangannya“ mengingatkan kita untuk selalu menghemat air, karena terbukti di perkotaan kebutuhan akan air bersih terus meningkat, padahal tanah / daerah resapan air makin sedikit sehingga masyarakat makin sulit mendapat air bersih dari air tanah atau PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum)

Bagaimana cara kita menjaga agar air tetap terus ada?

Pergunakan air dengan bijaksana, jangan membuang-buang air atau mencemari air. Misalnya :

1. Bila kran air sudah selesai digunakan harus dimatikan

Pics02-K01Post08Jul2011

2. Matikan air saat menggosok gigi

Pics03-K01Post08Jul2011

3. Mandi dengan shower / pancuran. Jangan berendam.

Pics04-K01Post08Jul2011

4. Bila dirumahmu ada kran / pipa yang bocor, segera dibetulkan.

Pics05-K01Post08Jul2011

5. Jangan membuang sampah atau limbah di saluran air / sungai, karena itu akan mencemari air. Air yang tercemar tidak bisa dimanfaatkan.

Pics06-K01Post08Jul2011

Sekarang kalian sudah tahu manfaat dan cara menyayangi air. Nah lakukan tugasmu menghemat dan menjaga air agar kehidupan tetap terus ada.

”Sayangi Air dan Sayangi Hidup Kita”